Langsung ke konten utama

Grafika Komputer Menggambar Garis Persegi Panjang Oval Menggunakan Java Netbeans

Menggambar Garis, Persegi Panjang, Dan Oval
Setiap metode penggambaran memerlukan yang memerlukan parameter lebar dan parameter
tinggi, lebar dan tinggi harus berupa nilai tak negative. Jika tidak, bangun tidak akan tampil.

Metode Penjelasan
METODE
PENJELASAN
Public void drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2)

Menggambar sebuah garis antara titik(x1,y1) dan titi (x2,y2).
Public void drawRect(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambar sebuah persegi panjang dengan lebar dan tinggi seperti yang di spesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). hanya garis luar dari persegi panjang yang di gambarkan menggunakan warna objek Graphics.
Public voidfillRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah persegi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi yang dispesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pa (x,y).
Public void clearRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
Berguna jika anda ingin menghapus sebagian dari sebuah citra
Public void drawRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur dan tinggiBusur menentukan pojok-pojok pembulatan. Hanya garis luar bangun yang di gambarkan.
Public void fillRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang terisi dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur  dan  tinggiBusur  menentukan pojok-pojok pembulatan
Public void draw3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi dengan warna sekarang dan lebar  dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi-panjang berlokasi pada (x,y). persegi-panjang akan tampak membesar jika bernilai bernilai false.Hanya garis lurus bangun yang digambarkan
Public void fill3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
Mengambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). persegi panjang akan tampak membesar jika b bernilai true dan tampak mengecil bila b bernilai false.
Public void drawOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah oval dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pa(x,y).oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tengah tiap sisi hanya garis luar bangun yang digambarkan.
Public void fillOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah oval terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pada(x,y). oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tenganh tiap sisi.

Latihan 3.

  1.           Dengan menggunkan nama project yang sama tambahkan sebuah package dengan nama example3 dengan cara klik kanan source package > new > java packageseperti gambar di bawah. 
  2.         Selanjutnya pada package latihan3 buatlah sebuah class dengan nama class GarisPersegiOvalJPanel dengan cara klik kanan package example3> new > java class Buat nama Class terserah bebas, Setelah itu isikan Code berikut : 
  3.             Selanjutnya tambahkan sebuah class GarisPersegiOvaldengan cara yang sama di NO .2
  4.             Selanjutnya ketikan source code dibawah pada class class GarisPersegiOval.

  5.             Selanjutnya klik kanan class GarisPersegiOval> run file  Dan Berikut Outputny :  
Menggambar Garis  Persegi Panjang Oval Menggunakan Java Netbeans

Itu adalah hasil dari proses pembuatan menggambar garis , persegi panjang dan oval dan saya sengaja membuat tutorial ini karna saya tau betapa susah nya belajar program Java 
terkusus bagi para mahasiswa , karna saya juga seorang mahasiswa susah sekali mencari atau belajar tentang pembuatan gambar pada java terlebih lagi pada matakuliah grafika komputer 
semoga bermanfaat terimaksih  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Tali Temali dalam Pramuka, Simpul, Ikatan, Jerat, Pionering Lengkap

21 Tali Temali dalam Pramuka, Simpul, Ikatan, Jerat, Pionering Lengkap   Tali Temali memang tidak asing dengan pramuka, tali temali seperti tali, simpul, dan ikatan yang ada dalam pramuka, akan tetapi tidak sedikit anggota pramuka khususnya tingkat penggalang yang masih belum tau bagaimanakah cara membuat tali, simpul sekaligus ikatan tersebut. TALI TEMALI jendelapramuka.com Istilah tali temali dalam pramuka, sering kali kita mencampur adukkan antara tali, simpul dan ikatan hal ini sebenarnya berbeda. Berikut kami jelaskan perbedaannya di bawah ini : Tali : Bendanya Simpul : Adalah tali dengan tali Ikaran : Merupakan Tali dengan benda lain ( seperti tali yang diikatkan dengan tongkat dan sebagainya). Hasil bentukan dari tali, yakni terdiri dari, ikatan, simpul dan jerat. Simpul, Ikatan dan jerat yang baik dan benar adalah ikatan, simpul dan jerat yang bisa digunakan dengan kuat, tidak mudah lepas serta mudah untuk dilepas kembali. TALI TEMALI DALAM PRAM...

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR 1. EBT (ERIOCROM BLACK T) Timbang 100 mg serbuk zat warna EBT ,10 gram Kristal NaCl atau Kristal Na2SO4 an hidrat. Kedua zat tersebut dicampur dengan cara menggerus didalam mortar sampai halus dan merata. Penggunaannya 100 mg (seujung spatel ) untuk satu kali titrasi. 2. Merah metil Larutkan 25 mg metil P dengan 0,95 ml larutan Natrium hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 95 % setelah larut sempurna, tambahkan etanol 50 % secukupnya hingga 250,0 ml 3. Jingga metil Larutkan jingga metil P 0,04 % b/v dalam etanol 20 % 4. BTB Larutkan 100 mg biru brom timol P dengan 3,2 ml Natrium Hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 90 % ,setelah larut sempurna tambahkan etanol 20 % secukupnya hingga 250,0 ml. 5. MUREXIDE Haluskan 100 mg serbuk murexide dengan 10 gram KNO3 atau 10 gram NaCl . Pada pemakaiannya 100 gram serbuk murexide tiap volume 150 sampai 200 ml. 6. Larutan indicator Fenolftalein 0,035 %. Timbang ± 0,035 gram Fenolftalein ,lar...

Membuat blog

Membuat blog Anda dapat membuat dan mengelola blog Anda sendiri dengan Blogger. Membuat blog Login ke Blogger . Di sebelah kiri, klik Panah bawah  . Klik Blog baru. Masukkan nama blog. Pilih alamat blog, atau URL. Pilih template. Klik Buat blog. Catatan: Pastikan Anda mematuhi  Kebijakan Konten Blogger  dan  Persyaratan Layanan . Mengelola blog Anda dapat mengelola siapa saja yang boleh mengedit dan membaca blog Anda.  Pelajari cara mengontrol akses ke blog . Anda dapat memilih tampilan blog sesuai yang Anda inginkan.  Pelajari cara mengubah desain blog . Memecahkan masalah Jika Anda mengalami masalah dengan Blogger, lihat  info tentang pemecahan masalah . https://support.google.com/blogger/answer/1623800?hl=id