Menggambar Garis, Persegi Panjang, Dan Oval
Setiap metode penggambaran memerlukan yang memerlukan parameter lebar dan parameter
tinggi, lebar dan tinggi harus berupa nilai tak negative. Jika tidak, bangun tidak akan tampil.
tinggi, lebar dan tinggi harus berupa nilai tak negative. Jika tidak, bangun tidak akan tampil.
Metode Penjelasan
METODE
|
PENJELASAN
|
Public void drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2)
|
Menggambar sebuah garis antara titik(x1,y1) dan titi (x2,y2).
|
Public void drawRect(int x, int y, int lebar, int tinggi)
|
Menggambar sebuah persegi panjang dengan lebar dan tinggi seperti yang di spesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). hanya garis luar dari persegi panjang yang di gambarkan menggunakan warna objek Graphics.
|
Public voidfillRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
|
Menggambarkan sebuah persegi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi yang dispesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pa (x,y).
|
Public void clearRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
|
Berguna jika anda ingin menghapus sebagian dari sebuah citra
|
Public void drawRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
|
Menggambarkan sebuah persegi-panjang dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur dan tinggiBusur menentukan pojok-pojok pembulatan. Hanya garis luar bangun yang di gambarkan.
|
Public void fillRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
|
Menggambarkan sebuah persegi-panjang terisi dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur dan tinggiBusur menentukan pojok-pojok pembulatan
|
Public void draw3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
|
Menggambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi dengan warna sekarang dan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi-panjang berlokasi pada (x,y). persegi-panjang akan tampak membesar jika bernilai b bernilai false.Hanya garis lurus bangun yang digambarkan
|
Public void fill3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
|
Mengambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). persegi panjang akan tampak membesar jika b bernilai true dan tampak mengecil bila b bernilai false.
|
Public void drawOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
|
Menggambarkan sebuah oval dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pa(x,y).oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tengah tiap sisi hanya garis luar bangun yang digambarkan.
|
Public void fillOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
|
Menggambarkan sebuah oval terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pada(x,y). oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tenganh tiap sisi.
|
Latihan 3.
- Dengan menggunkan nama project yang sama tambahkan sebuah package dengan nama example3 dengan cara klik kanan source package > new > java packageseperti gambar di bawah.
- Selanjutnya pada package latihan3 buatlah sebuah class dengan nama class GarisPersegiOvalJPanel dengan cara klik kanan package example3> new > java class Buat nama Class terserah bebas, Setelah itu isikan Code berikut :
-
- Selanjutnya klik kanan class GarisPersegiOval> run file Dan Berikut Outputny :
Itu adalah hasil dari proses pembuatan menggambar garis , persegi panjang dan oval dan saya sengaja membuat tutorial ini karna saya tau betapa susah nya belajar program Java
terkusus bagi para mahasiswa , karna saya juga seorang mahasiswa susah sekali mencari atau belajar tentang pembuatan gambar pada java terlebih lagi pada matakuliah grafika komputer
semoga bermanfaat terimaksih
Komentar
Posting Komentar