Langsung ke konten utama

Grafika Komputer Menggambar Garis Persegi Panjang Oval Menggunakan Java Netbeans

Menggambar Garis, Persegi Panjang, Dan Oval
Setiap metode penggambaran memerlukan yang memerlukan parameter lebar dan parameter
tinggi, lebar dan tinggi harus berupa nilai tak negative. Jika tidak, bangun tidak akan tampil.

Metode Penjelasan
METODE
PENJELASAN
Public void drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2)

Menggambar sebuah garis antara titik(x1,y1) dan titi (x2,y2).
Public void drawRect(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambar sebuah persegi panjang dengan lebar dan tinggi seperti yang di spesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). hanya garis luar dari persegi panjang yang di gambarkan menggunakan warna objek Graphics.
Public voidfillRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah persegi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi yang dispesifikasikan. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pa (x,y).
Public void clearRect (int x, int y, int lebar, int tinggi)
Berguna jika anda ingin menghapus sebagian dari sebuah citra
Public void drawRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur dan tinggiBusur menentukan pojok-pojok pembulatan. Hanya garis luar bangun yang di gambarkan.
Public void fillRoundRect(int x, int y, int lebar, int tinggi, int lebarBusur, int tinggiBusur)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang terisi dengan pojok-pojok membulat dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Parameter lebarBusur  dan  tinggiBusur  menentukan pojok-pojok pembulatan
Public void draw3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
Menggambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi dengan warna sekarang dan lebar  dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi-panjang berlokasi pada (x,y). persegi-panjang akan tampak membesar jika bernilai bernilai false.Hanya garis lurus bangun yang digambarkan
Public void fill3DRect(int x, int y, int lebar, int tinggi,Boolean b)
Mengambarkan sebuah persegi-panjang tiga-dimensi terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang beralokasi pada(x,y). persegi panjang akan tampak membesar jika b bernilai true dan tampak mengecil bila b bernilai false.
Public void drawOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah oval dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pa(x,y).oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tengah tiap sisi hanya garis luar bangun yang digambarkan.
Public void fillOval(int x, int y, int lebar, int tinggi)
Menggambarkan sebuah oval terisi dengan warna sekarang dan dengan lebar dan tinggi terspesifikasi. Pojok kiri atas persegi panjang membulat beralokasi pada(x,y). oval menyentuh keempat sisi dari persegi panjang membulat pada titik tenganh tiap sisi.

Latihan 3.

  1.           Dengan menggunkan nama project yang sama tambahkan sebuah package dengan nama example3 dengan cara klik kanan source package > new > java packageseperti gambar di bawah. 
  2.         Selanjutnya pada package latihan3 buatlah sebuah class dengan nama class GarisPersegiOvalJPanel dengan cara klik kanan package example3> new > java class Buat nama Class terserah bebas, Setelah itu isikan Code berikut : 
  3.             Selanjutnya tambahkan sebuah class GarisPersegiOvaldengan cara yang sama di NO .2
  4.             Selanjutnya ketikan source code dibawah pada class class GarisPersegiOval.

  5.             Selanjutnya klik kanan class GarisPersegiOval> run file  Dan Berikut Outputny :  
Menggambar Garis  Persegi Panjang Oval Menggunakan Java Netbeans

Itu adalah hasil dari proses pembuatan menggambar garis , persegi panjang dan oval dan saya sengaja membuat tutorial ini karna saya tau betapa susah nya belajar program Java 
terkusus bagi para mahasiswa , karna saya juga seorang mahasiswa susah sekali mencari atau belajar tentang pembuatan gambar pada java terlebih lagi pada matakuliah grafika komputer 
semoga bermanfaat terimaksih  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR 1. EBT (ERIOCROM BLACK T) Timbang 100 mg serbuk zat warna EBT ,10 gram Kristal NaCl atau Kristal Na2SO4 an hidrat. Kedua zat tersebut dicampur dengan cara menggerus didalam mortar sampai halus dan merata. Penggunaannya 100 mg (seujung spatel ) untuk satu kali titrasi. 2. Merah metil Larutkan 25 mg metil P dengan 0,95 ml larutan Natrium hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 95 % setelah larut sempurna, tambahkan etanol 50 % secukupnya hingga 250,0 ml 3. Jingga metil Larutkan jingga metil P 0,04 % b/v dalam etanol 20 % 4. BTB Larutkan 100 mg biru brom timol P dengan 3,2 ml Natrium Hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 90 % ,setelah larut sempurna tambahkan etanol 20 % secukupnya hingga 250,0 ml. 5. MUREXIDE Haluskan 100 mg serbuk murexide dengan 10 gram KNO3 atau 10 gram NaCl . Pada pemakaiannya 100 gram serbuk murexide tiap volume 150 sampai 200 ml. 6. Larutan indicator Fenolftalein 0,035 %. Timbang ± 0,035 gram Fenolftalein ,lar

LARUTAN PADA KIMIA ANALITIK KUANTITATIF

LARUTAN PADA KIMIA ANALITIK KUANTITATIF 1.        LARUTAN NaOH 0,1  N                 4 gram NaOH dalam 1 Liter 2.        LARUTAN HCl 0,1 N HCl pekat = 37% HCl pekat = 12 M = 12 N                 8,33 mL HCl pekat = 1 Liter 0,1 N 3.        LARUTAN H 2 SO 4 0,1 N H 2 SO 4 pekat = 96 % H 2 SO 4 pekat = 17,63 M = 18 M = 36 N        2,78 mL H 2 SO 4 pekat = 1 liter 0,1 N 4.        LARUTAN CH 3 COOH 0,1 N CH 3 COOH pekat = 99,5 % CH 3 COOH pekat = 17 M = 17 N        5,88 mL CH 3 COOHpekat = 1 liter 0,1 N 5.        LARUTAN Na 2 S 2 O 3 0,1 N             26 gram Na 2 S 2 O 3 dengan 0,2   g Na 2 CO 3 dilarutkan dalam air bebas CO 2 segar sampai volume 1000 ml 6.        LARUTAN KIO 3 0,1 N             3 , 5 g KIO 3 encerkan dengan air hingga 1000 m L 7.        LARUTAN KMnO 4 0,1 N      3,3 gram Kalium Permanganat P adat dilarutkan dalan air hingga 1000 ml 8.        LARUTAN IODIUM (I 2 ) 0,1 N 12,69 gram I 2 P adat ke dalam la

C++ #03 Mengenal Fungsi Input dan Output

Belajar C++ #03: Mengenal Fungsi Input dan Output pada C++ #  C++ Pada dasarnya, program komputer hanya terdiri dari tiga bagian: Input  adalah sesuatu data yang kita masukan ke dalam program. Input biasanya diambil dari perangakat inputan seperti keyboard, mouse, kamera, microphone, dll. Proses  adalah langkah-langkah yang harus dilakukan program untuk menghasilkan output. Output  adalah informasi yang dihasilkan setelah dilakukan proses. Output biasanya ditampilkan ke layar komputer. Pada bahasa pemrograman C++, terdapat beberapa fungsi dasar untuk menampilkan output dan mengambil input. Apa saja itu? Mari kita bahas… Fungsi Output pada C++ C++ memiliki empat fungsi dasar untuk menampilkan output: cout  untuk menampilkan teks ke layar; cerr  untuk menampilkan error; clog  untuk menampilkan log; printf()  untuk menampilkan output, fungsi ini dari C; Kita akan fokus memabahas yang dua saja, yakni  cout  dan  printf() . Soalnya  cerr  dan  clog