SILABUS MATA
PELAJARAN KIMIA
Bidang Studi Keahlian : KESEHATAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas /Semester : X/ 1
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayatidan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi dan Perubahannya
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa materi di alam, kelompokkan berdasarkan
ciri-cirinya
2. Mengerjakan
tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen
Tes
1.
Tes tertulis tentang berbagai materi dan perubahannya
2.
Tes tertulis tentang pemecahan masalah dalam bidang kesehatan terkait dengan
materi dan perubahannya.
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja praktikum
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.1 Memahami konsep materi dan perubahannya
4.1 Menggunakan konsep perubahan materi
untuk pemecahan masalah kehidupan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Unsur, senyawa dan campuran
|
Mengamati
![]() ![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1.
Lakukan pengamatan terhadap beberapa
unsur, senyawa dan campuran di alam, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya
2.
Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan
Tes
Tes
tertulis tentang unsur, senyawa dan campuran
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.2 Memahami
konsep unsure, senyawa dan campuran
4.2
Mengklasifikasi kasus sehari-hari berdasarkan sifat-sifat unsur dan senyawa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Persamaan reaksi
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan pengamatan terhadap beberapa
beberapa persamaan reaksi
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis
pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan
Tes
Tes
tertulis tentang persamaan reaksi
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.3 Memahami
persamaan reaksi
4.3 Menalar
kasus-kasus yang terjadi sehari-hari
berdasarkan konsep persamaan reaksi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Teori atom dan konfigurasi electron
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadapbeberapa teori atom
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi tentang perkembangan teori atom
Tes
Tes
tertulis tentang teori atom dan konfigurasi elektron
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.4
Menjelaskan perkembangan teori atom dan konfigurasi elektron
4.4
Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan tabel periodik
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Ikatan ion dan ikatan kovalen
|
Mengamati
![]() ![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa zat di alam sekitar
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi dan pengamatan
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan dan diskusi tentang perkembangan teori atom
Tes
Tes
tertulis tentang ikatan ion dan kovalen
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.5
Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
4.5
Mengklasifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen
|
SILABUS MATA
PELAJARAN KIMIA
Bidang Studi Keahlian : KESEHATAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas /Semester : X/2
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayatidan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Tata nama senyawa sederhana
|
Mengamati
![]()
Menanya
![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1.
Lakukan pengamatan terhadap senyawa
sederhana
2.
Mengerjakan tugas review dan
berpikir kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi
Tes
Tes
tertulis tentang tata nama senyawa sederhana
|
1 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja praktikum
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.6 Memahami tata nama senyawa sederhana
4.6 Merumuskan nama senyawa dengan
menggunakan tata nama senyawa sederhana
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum Dasar Kimia
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa hukum dasar kimia
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi tentang cara
perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia
Tes
Tes
tertulis tentang hukum dasar kimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
||||||||||
3.7 Memahami
hukum dasar kimia
4.7
Menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
|
||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Konsep Mol
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]() ![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
eksperimen untuk membuat larutan
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang pembuatan larutan dengan
konsentasi tertentu
Tes
Tes
tertulis tentang konsep mol
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
||||||||||
3.8
Memahami konsep mol
4.8
Menggunakan konsep mol dan persamaan reaksi untuk memecahkan masalah
sehari-hari
|
||||||||||
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Reaksi kimia
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]()
Asosiasi
![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
eksperimen jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang jenis-jenis reaksi kimia dalam
bidang kesehatan
Tes
Tes
tertulis tentang jenis-jenis reaksi kimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.9
Mendeskripsikan jenis-jenis reaksi kimia
4.9
Membedakan jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Elektrokimia
|
Mengamati
![]() ![]()
Menanya
![]() ![]() ![]()
Eksperimen/explore
![]() ![]()
Asosiasi
![]() ![]() ![]()
Mengomunikasikan
![]() ![]() |
Tugas
1. Lakukan
eksperimen sel elektrokimia
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang sel elektrokimia dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
Tes
Tes
tertulis tentang sel elektrokimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.10 Menjelaskan sel elektrokimia
4.10 Menggunakan sel elektrokimia untuk
memecahkan masalah sehari-hari
|
Komentar
Posting Komentar