SILABUS MATA
PELAJARAN KIMIA
Bidang Studi Keahlian : KESEHATAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas /Semester : X/ 1
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayatidan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi dan Perubahannya
|
Mengamati
Mengamati berbagai wujud dan perubahan
materi di alam
Mengamati demonstrasi perubahan materi di bidang kesehatan
Menanya
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang
wujud materi dan perubahannya
Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi
perubahan materi
Mengajukan pertanyaan bagaimana proses
perubahan materi
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen untuk menguji perubahan materi
Asosiasi
Menganalisis
data hasil percobaan
Menyimpulkan
hasil analisis data
Mengomunikasikan
Membuat
tulisan tentang perubahan materi
Membuat
laporan dan mempresentasikan hasil
eksperimen
|
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa materi di alam, kelompokkan berdasarkan
ciri-cirinya
2. Mengerjakan
tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen
Tes
1.
Tes tertulis tentang berbagai materi dan perubahannya
2.
Tes tertulis tentang pemecahan masalah dalam bidang kesehatan terkait dengan
materi dan perubahannya.
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja praktikum
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.1 Memahami konsep materi dan perubahannya
4.1 Menggunakan konsep perubahan materi
untuk pemecahan masalah kehidupan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Unsur, senyawa dan campuran
|
Mengamati
Mengamati berbagai unsur dan senyawa di
alam
Mengamati berbagai ciri yang membedakan
senyawa dan campuran
Mengamati demonstrasi perbedaan senyawa dan
campuran
Menanya
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang ciri-ciri
unsur, senyawa dan campuran
Mengajukan pertanyaan perbedaan unsure,
senyawa dan campuran
Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi
senyawa dan campuran
Mengajukan pertanyaan bagaimana proses terjadinya
senyawa dan campuran
Eksperimen/explore
Mendata
berbagai unsur, senyawa dan campuran yang ada di lingkungan sekitar
Mengidentifikasi
ciri-ciri unsur, senyawa, dan campuran di lingkungan sekitar
Asosiasi
Mengolah
data pengamatan unsur, senyawa dan campuran ke dalam bentuk tabel
Menyimpulkan
ciri-ciri unsur, senyawa dan campuran yang ditemukan di lingkungan sekitar
Menyimpulkan
sifat-sifat unsur, senyawa dan campuran
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil pengamatan dan analisis perbedaan ciri dan sifat unsure,
senyawa dan campuran.
Menyampaikan
hasil pengamatan dalam bentuk presentasi di depan kelas
|
Tugas
1.
Lakukan pengamatan terhadap beberapa
unsur, senyawa dan campuran di alam, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya
2.
Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan
Tes
Tes
tertulis tentang unsur, senyawa dan campuran
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.2 Memahami
konsep unsure, senyawa dan campuran
4.2
Mengklasifikasi kasus sehari-hari berdasarkan sifat-sifat unsur dan senyawa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Persamaan reaksi
|
Mengamati
Mengamati berbagai persamaan reaksi
Mengamati berbagai cara penyetaraan
persamaan reaksi
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana penyetaraan
persamaan reaksi
Eksperimen/explore
Mendata
berbagai persamaan reaksi
Mengidentifikasi
cara-cara penyetaraan persamaan reaksi
Asosiasi
Mengolah
data pengamatan persamaan reaksi
Menyimpulkan
cara penyetaraan persamaan reaksi
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil pengamatan dan analisis persamaan reaksi kimia
Menyampaikan
hasil pengamatan dalam bentuk presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan pengamatan terhadap beberapa
beberapa persamaan reaksi
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis
pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan
Tes
Tes
tertulis tentang persamaan reaksi
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.3 Memahami
persamaan reaksi
4.3 Menalar
kasus-kasus yang terjadi sehari-hari
berdasarkan konsep persamaan reaksi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Teori atom dan konfigurasi electron
|
Mengamati
Mengamati berbagai teori atom
Mengamati berbagai cara konfigurasi
elektron
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana perbedaan
teori atom
Mengajukan pertanyaan tentang perkembangan
teori atom
Mengajukan pertanyaan tentang cara
konfigurasi elektron
Eksperimen/explore
Mendata
berbagai perbedaan teori atom
Mendiskusikan
tentang perkembangan teori atom
Mengidentifikasi
cara-cara konfigurasi elektron
Asosiasi
Mengolah
data perbedaan teori atom
Menyimpulkan
cara konfigurasi elektron
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil diskusi tentang perkembangan teori atom
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadapbeberapa teori atom
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi tentang perkembangan teori atom
Tes
Tes
tertulis tentang teori atom dan konfigurasi elektron
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.4
Menjelaskan perkembangan teori atom dan konfigurasi elektron
4.4
Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan tabel periodik
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Ikatan ion dan ikatan kovalen
|
Mengamati
Mengamati berbagai zat di alam yang terkait
dengan ikatan ion dan kovalen
Mengamati berbagai ciri ikatan ion dan
kovalen
Mengamati demonstrasi tentang perbedaan
ikatan ion dan ikatan kovalen
Menanya
Mengajukan pertanyaan apakah perbedaan ikatan ion dan kovalen
Mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri
ikatan ion dan kovalen
Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana
terbentuknya ikatan ion dan kovalen
Eksperimen/explore
Mendata
berbagai perbedaan ikatan ion dan kovalen
Mengidentifikasi
ciri-ciri ikatan ion dan kovalen
Asosiasi
Mengolah
data perbedaan ikatan ion dan kovalen
Menganalisis
data ciri-ciri ikatan ion dan kovalen
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil diskusi tentang
perbedaan ikatan ion dan kovalen
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa zat di alam sekitar
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi dan pengamatan
Portofolio:
Laporan
hasil pengamatan dan diskusi tentang perkembangan teori atom
Tes
Tes
tertulis tentang ikatan ion dan kovalen
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.5
Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
4.5
Mengklasifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen
|
SILABUS MATA
PELAJARAN KIMIA
Bidang Studi Keahlian : KESEHATAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas /Semester : X/2
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayatidan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Tata nama senyawa sederhana
|
Mengamati
Mengamati cara penamaan senyawa sederhana
Menanya
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang senyawa
sederhana
Mengajukan pertanyaan bagaimana cara
penamaan senyawa sederhana
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi
tata cara penamaan senyawa sederhana
Asosiasi
Menganalisis
cara penamaan senyawa sederhana
Menyimpulkan
cara penamaan senyawa sederhana
Mengomunikasikan
Melaporkan
hasil diskusi tentang senyawa sederhana
Membuat
laporan dan mempresentasikan hasil diskusi
tentang tata cara penamaan senyawa sederhana
|
Tugas
1.
Lakukan pengamatan terhadap senyawa
sederhana
2.
Mengerjakan tugas review dan
berpikir kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi
Tes
Tes
tertulis tentang tata nama senyawa sederhana
|
1 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja praktikum
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.6 Memahami tata nama senyawa sederhana
4.6 Merumuskan nama senyawa dengan
menggunakan tata nama senyawa sederhana
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum Dasar Kimia
|
Mengamati
Mengamati berbagai hukum dasar kimia
Mengamati berbagai hubungan hukum-hukum
dasar kimia untuk perhitungan kimia
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana perhitungan
kimia
Mengajukan pertanyaan tentang hubungan
hukum dasar kimia dengan perhitungan kimia
Eksperimen/explore
Mendiskusikan
tentang hukum dasar kimia
Mendata
berbagai hukum dasar kimia yang dipergunakan dalam perhitungan kimia
Mengidentifikasi
cara perhitungan kimia berdasarkan
hukum-hukum dasar kimia
Asosiasi
Mengolah
data beberapa hukum dasar kimia
Menyimpulkan
cara perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil diskusi tentang cara perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum
dasar kimia
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
pengamatan terhadap beberapa hukum dasar kimia
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan diskusi
Portofolio:
Laporan
hasil diskusi tentang cara
perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia
Tes
Tes
tertulis tentang hukum dasar kimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja pengamatan
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
||||||||||
3.7 Memahami
hukum dasar kimia
4.7
Menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
|
||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Konsep Mol
|
Mengamati
Mengamati berbagai larutan
Mengamati berbagai cara menyatakan
konsentrasi suatu larutan
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat
suatu larutan
Mengajukan pertanyaan mengapa konsentrasi
larutan berbeda-beda
Mengajukan pertanyaan bagaimana menyataakan
konsentrasi suatu larutan
Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana
membuat suatu larutan dengan suatu konsentrasi tertentu
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
Mengukur
konsentrasi suatu larutan
Mengidentifikasi
cara perhitungan konsentrasi suatu larutan
Membuat
larutan dengan konsentrasi tertentu yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan
Asosiasi
Menganalisis
data hasil eksperimen
Menyimpulkan
cara perhitungan konsentrasi suatu larutan
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil eksperimen tentang cara membuat larutan dengan konsentrasi
tertentu
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
eksperimen untuk membuat larutan
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang pembuatan larutan dengan
konsentasi tertentu
Tes
Tes
tertulis tentang konsep mol
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
||||||||||
3.8
Memahami konsep mol
4.8
Menggunakan konsep mol dan persamaan reaksi untuk memecahkan masalah
sehari-hari
|
||||||||||
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Reaksi kimia
|
Mengamati
Mengamati berbagai reaksi kimia
Mengamati demonstrasi beberapa reaksi kimia
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana reaksi
kimia terjadi
Mengajukan pertanyaan mengapa reaksi kimia
berbeda-beda
Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat
suatu zat dengan reaksi kimia
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen berbagai jenis reaksi kimia di bidang kesehatan
Asosiasi
Menganalisis
data hasil eksperimen
Menyimpulkan
jenis-jenis reaksi kimia di bidang kesehatan
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil eksperimen tentang
jenis-jenis reaksi kimia di bidang kesehatan
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
eksperimen jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang jenis-jenis reaksi kimia dalam
bidang kesehatan
Tes
Tes
tertulis tentang jenis-jenis reaksi kimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.9
Mendeskripsikan jenis-jenis reaksi kimia
4.9
Membedakan jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
Elektrokimia
|
Mengamati
Mengamati berbagai sel elektrokimia
Mengamati demonstrasi tentang sel
elektrokimia
Menanya
Mengajukan pertanyaan bagaimana kerja sel elektrokimia
Mengajukan pertanyaan mengapa reaksi kimia
kimia terjadi pada sel elektrokimia
Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat sel
elektrokimia
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen berbagai menggunakan sel elektrokimia
Mengukur
sel elektrokimia
Asosiasi
Menganalisis
data hasil eksperimen berbagai sel elektrokimia
Menyimpulkan
reaksi kimia dalam sel elektrokimia
Menganalisis
manfaat sel elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
Membuat
laporan hasil eksperimen tentang sel lektrokimia
Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
|
Tugas
1. Lakukan
eksperimen sel elektrokimia
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja
Unjuk kerja:
Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen
Portofolio:
Laporan
hasil eksperimen tentang sel elektrokimia dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
Tes
Tes
tertulis tentang sel elektrokimia
|
2 x 2 JP
|
· Buku
paket
· Lembar kerja eksperimen
· Buku atau sumber belajar yang relevan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
|
|||||
3.10 Menjelaskan sel elektrokimia
4.10 Menggunakan sel elektrokimia untuk
memecahkan masalah sehari-hari
|
Komentar
Posting Komentar