Langsung ke konten utama

Silabus Kimia Kesehatan

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA

Bidang Studi Keahlian   : KESEHATAN
Satuan Pendidikan        : SMK
Kelas /Semester             : X/ 1
Kompetensi Inti              :

KI 1      : Menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,   
 damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
 dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
 bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3      : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4      : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Materi dan Perubahannya
Mengamati
*     Mengamati berbagai wujud dan perubahan materi di alam
*     Mengamati demonstrasi perubahan  materi di bidang kesehatan

Menanya
*     Mengajukan beberapa pertanyaan tentang wujud materi dan perubahannya
*     Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi perubahan materi
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana proses perubahan materi

Eksperimen/explore
*        Melakukan eksperimen untuk menguji perubahan materi

Asosiasi
*        Menganalisis data hasil percobaan
*        Menyimpulkan hasil analisis data

Mengomunikasikan
*          Membuat tulisan tentang perubahan materi
*          Membuat laporan dan mempresentasikan  hasil eksperimen
Tugas
1.  Lakukan pengamatan terhadap beberapa materi di alam, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:
Laporan hasil eksperimen

Tes
1. Tes tertulis tentang berbagai materi dan perubahannya
2. Tes tertulis tentang pemecahan masalah dalam bidang kesehatan terkait dengan materi dan perubahannya.
2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja praktikum
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.1 Memahami konsep materi dan perubahannya
4.1 Menggunakan konsep perubahan materi untuk pemecahan masalah kehidupan







Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Unsur, senyawa dan campuran
Mengamati
*     Mengamati berbagai unsur dan senyawa di alam
*     Mengamati berbagai ciri yang membedakan senyawa dan campuran
*     Mengamati demonstrasi perbedaan senyawa dan campuran

Menanya
*     Mengajukan beberapa pertanyaan tentang ciri-ciri unsur, senyawa dan campuran
*     Mengajukan pertanyaan perbedaan unsure, senyawa dan campuran
*     Mengajukan pertanyaan mengapa terjadi senyawa dan campuran
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana proses terjadinya senyawa dan campuran

Eksperimen/explore
*        Mendata berbagai unsur, senyawa dan campuran yang ada di lingkungan sekitar
*        Mengidentifikasi ciri-ciri unsur, senyawa, dan campuran di lingkungan sekitar

Asosiasi
*        Mengolah data pengamatan unsur, senyawa dan campuran ke dalam bentuk tabel
*        Menyimpulkan ciri-ciri unsur, senyawa dan campuran yang ditemukan di lingkungan sekitar
*        Menyimpulkan sifat-sifat unsur, senyawa dan campuran
Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil pengamatan dan analisis perbedaan ciri dan sifat unsure, senyawa dan campuran.
*          Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk presentasi di depan kelas
Tugas
1.   Lakukan pengamatan terhadap beberapa unsur, senyawa dan campuran di alam, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya
2.   Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi

Portofolio:
Laporan hasil pengamatan

Tes
Tes tertulis tentang unsur, senyawa dan campuran

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja pengamatan
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.2 Memahami konsep unsure, senyawa dan campuran
4.2 Mengklasifikasi kasus sehari-hari berdasarkan sifat-sifat unsur dan senyawa










Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Persamaan reaksi
Mengamati
*     Mengamati berbagai persamaan reaksi
*     Mengamati berbagai cara penyetaraan persamaan reaksi

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana penyetaraan persamaan reaksi

Eksperimen/explore
*        Mendata berbagai persamaan reaksi
*        Mengidentifikasi cara-cara penyetaraan persamaan reaksi

Asosiasi
*        Mengolah data pengamatan persamaan reaksi
*        Menyimpulkan cara penyetaraan persamaan reaksi

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil pengamatan dan analisis persamaan reaksi kimia
*          Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk presentasi di depan kelas
Tugas
1. Lakukan pengamatan terhadap beberapa  beberapa persamaan reaksi
2.   Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan pengamatan dan diskusi

Portofolio:
Laporan hasil pengamatan

Tes
Tes tertulis tentang persamaan reaksi

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja pengamatan
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.3 Memahami persamaan reaksi
4.3 Menalar kasus-kasus yang terjadi  sehari-hari berdasarkan konsep persamaan reaksi


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Teori atom dan konfigurasi electron
Mengamati
*     Mengamati berbagai teori atom
*     Mengamati berbagai cara konfigurasi elektron

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana perbedaan teori atom
*     Mengajukan pertanyaan tentang perkembangan teori atom
*     Mengajukan pertanyaan tentang cara konfigurasi elektron

Eksperimen/explore
*        Mendata berbagai perbedaan teori atom
*        Mendiskusikan tentang perkembangan teori atom
*        Mengidentifikasi cara-cara konfigurasi elektron

Asosiasi
*        Mengolah data perbedaan teori atom
*        Menyimpulkan cara konfigurasi elektron

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil diskusi tentang perkembangan teori atom
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan pengamatan terhadapbeberapa teori atom
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan diskusi

Portofolio:
Laporan hasil diskusi tentang perkembangan teori atom

Tes
Tes tertulis tentang teori atom dan konfigurasi elektron

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja pengamatan
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.4 Menjelaskan perkembangan teori atom dan konfigurasi elektron
4.4 Mengevaluasi hubungan konfigurasi elektron dengan tabel periodik


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Ikatan ion dan ikatan kovalen
Mengamati
*     Mengamati berbagai zat di alam yang terkait dengan ikatan ion dan kovalen
*     Mengamati berbagai ciri ikatan ion dan kovalen
*     Mengamati demonstrasi tentang perbedaan ikatan ion dan ikatan kovalen

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan apakah  perbedaan ikatan ion dan kovalen
*     Mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri ikatan ion dan kovalen
*     Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana terbentuknya ikatan ion dan kovalen

Eksperimen/explore
*        Mendata berbagai perbedaan ikatan ion dan kovalen
*        Mengidentifikasi ciri-ciri ikatan ion dan kovalen

Asosiasi
*        Mengolah data perbedaan ikatan ion dan kovalen
*        Menganalisis data ciri-ciri ikatan ion dan kovalen
*        Menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil diskusi tentang  perbedaan ikatan ion dan kovalen
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan pengamatan terhadap beberapa zat di alam sekitar
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan diskusi dan pengamatan

Portofolio:
Laporan hasil pengamatan dan diskusi tentang perkembangan teori atom

Tes
Tes tertulis tentang ikatan ion dan kovalen

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja pengamatan
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.5 Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
4.5 Mengklasifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen










SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA

Bidang Studi Keahlian   : KESEHATAN
Satuan Pendidikan        : SMK
Kelas /Semester             : X/2
Kompetensi Inti              :

KI 1      : Menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,   
 damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
 dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
 bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3      : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4      : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Tata nama senyawa sederhana
Mengamati
*     Mengamati cara penamaan senyawa sederhana

Menanya
*     Mengajukan beberapa pertanyaan tentang senyawa sederhana
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana cara penamaan senyawa sederhana



Eksperimen/explore
*        Mengidentifikasi tata cara penamaan senyawa sederhana

Asosiasi
*        Menganalisis cara penamaan senyawa sederhana
*        Menyimpulkan cara penamaan senyawa sederhana

Mengomunikasikan
*          Melaporkan hasil diskusi tentang senyawa sederhana
*          Membuat laporan dan mempresentasikan  hasil diskusi tentang tata cara penamaan senyawa sederhana
Tugas
1.   Lakukan pengamatan terhadap senyawa sederhana
2.   Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan diskusi

Portofolio:
Laporan hasil diskusi

Tes
Tes tertulis tentang tata nama senyawa sederhana
1 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja praktikum
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.6 Memahami tata nama senyawa sederhana
4.6 Merumuskan nama senyawa dengan menggunakan tata nama senyawa sederhana







Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Hukum Dasar Kimia
Mengamati
*     Mengamati berbagai hukum dasar kimia
*     Mengamati berbagai hubungan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana perhitungan kimia
*     Mengajukan pertanyaan tentang hubungan hukum dasar kimia dengan perhitungan kimia

Eksperimen/explore
*        Mendiskusikan tentang  hukum dasar kimia
*        Mendata berbagai hukum dasar kimia yang dipergunakan dalam perhitungan kimia
*        Mengidentifikasi cara perhitungan kimia berdasarkan  hukum-hukum  dasar kimia

Asosiasi
*        Mengolah data beberapa hukum dasar kimia
*        Menyimpulkan cara perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil diskusi tentang cara perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan pengamatan terhadap beberapa hukum dasar kimia
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan diskusi

Portofolio:
Laporan hasil diskusi tentang cara perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia

Tes
Tes tertulis tentang hukum dasar kimia

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja pengamatan
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.7 Memahami hukum dasar kimia
4.7 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Konsep Mol
Mengamati
*     Mengamati berbagai larutan
*     Mengamati berbagai cara menyatakan konsentrasi suatu larutan

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat suatu larutan
*     Mengajukan pertanyaan mengapa konsentrasi larutan berbeda-beda
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana menyataakan konsentrasi suatu larutan
*     Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana membuat suatu larutan dengan suatu konsentrasi tertentu


Eksperimen/explore
*        Melakukan eksperimen untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
*        Mengukur konsentrasi suatu larutan
*        Mengidentifikasi cara perhitungan konsentrasi suatu larutan
*        Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan

Asosiasi
*        Menganalisis data hasil eksperimen
*        Menyimpulkan cara perhitungan konsentrasi suatu larutan

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil eksperimen tentang cara membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan eksperimen untuk membuat larutan
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:
Laporan hasil eksperimen tentang pembuatan larutan dengan konsentasi tertentu

Tes
Tes tertulis tentang konsep mol

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja eksperimen
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.8 Memahami  konsep mol
4.8 Menggunakan konsep mol dan persamaan reaksi untuk memecahkan masalah sehari-hari









Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Reaksi kimia
Mengamati
*     Mengamati berbagai reaksi kimia
*     Mengamati demonstrasi beberapa reaksi kimia

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana reaksi kimia terjadi
*     Mengajukan pertanyaan mengapa reaksi kimia berbeda-beda
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat suatu zat dengan reaksi kimia


Eksperimen/explore
*        Melakukan eksperimen berbagai jenis reaksi kimia di bidang kesehatan


Asosiasi
*        Menganalisis data hasil eksperimen
*        Menyimpulkan jenis-jenis reaksi kimia di bidang kesehatan

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil eksperimen tentang  jenis-jenis reaksi kimia di bidang kesehatan
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan eksperimen jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:
Laporan hasil eksperimen tentang jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan

Tes
Tes tertulis tentang jenis-jenis reaksi kimia

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja eksperimen
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.9 Mendeskripsikan jenis-jenis reaksi kimia
4.9 Membedakan jenis-jenis reaksi kimia dalam bidang kesehatan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
Elektrokimia
Mengamati
*     Mengamati berbagai sel elektrokimia
*     Mengamati demonstrasi tentang sel elektrokimia

Menanya
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana kerja sel elektrokimia
*     Mengajukan pertanyaan mengapa reaksi kimia kimia terjadi pada sel elektrokimia
*     Mengajukan pertanyaan bagaimana membuat sel elektrokimia

Eksperimen/explore
*        Melakukan eksperimen berbagai menggunakan sel elektrokimia
*        Mengukur sel elektrokimia

Asosiasi
*        Menganalisis data hasil eksperimen berbagai sel elektrokimia
*        Menyimpulkan reaksi kimia dalam sel elektrokimia
*        Menganalisis manfaat sel elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari

Mengomunikasikan
*          Membuat laporan hasil eksperimen tentang  sel lektrokimia
*          Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas
Tugas
1.  Lakukan eksperimen sel elektrokimia
2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:
Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:
Laporan hasil eksperimen tentang sel elektrokimia dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tes tertulis tentang sel elektrokimia

2 x 2 JP
·     Buku paket
·     Lembar kerja eksperimen
·     Buku atau sumber belajar yang relevan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.10  Menjelaskan sel elektrokimia
4.10  Menggunakan sel elektrokimia untuk memecahkan masalah sehari-hari


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR

PROSEDUR PEMBUATAN INDIKATOR 1. EBT (ERIOCROM BLACK T) Timbang 100 mg serbuk zat warna EBT ,10 gram Kristal NaCl atau Kristal Na2SO4 an hidrat. Kedua zat tersebut dicampur dengan cara menggerus didalam mortar sampai halus dan merata. Penggunaannya 100 mg (seujung spatel ) untuk satu kali titrasi. 2. Merah metil Larutkan 25 mg metil P dengan 0,95 ml larutan Natrium hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 95 % setelah larut sempurna, tambahkan etanol 50 % secukupnya hingga 250,0 ml 3. Jingga metil Larutkan jingga metil P 0,04 % b/v dalam etanol 20 % 4. BTB Larutkan 100 mg biru brom timol P dengan 3,2 ml Natrium Hidroksida 0,05 N dan 5 ml etanol 90 % ,setelah larut sempurna tambahkan etanol 20 % secukupnya hingga 250,0 ml. 5. MUREXIDE Haluskan 100 mg serbuk murexide dengan 10 gram KNO3 atau 10 gram NaCl . Pada pemakaiannya 100 gram serbuk murexide tiap volume 150 sampai 200 ml. 6. Larutan indicator Fenolftalein 0,035 %. Timbang ± 0,035 gram Fenolftalein ,lar

LARUTAN PADA KIMIA ANALITIK KUANTITATIF

LARUTAN PADA KIMIA ANALITIK KUANTITATIF 1.        LARUTAN NaOH 0,1  N                 4 gram NaOH dalam 1 Liter 2.        LARUTAN HCl 0,1 N HCl pekat = 37% HCl pekat = 12 M = 12 N                 8,33 mL HCl pekat = 1 Liter 0,1 N 3.        LARUTAN H 2 SO 4 0,1 N H 2 SO 4 pekat = 96 % H 2 SO 4 pekat = 17,63 M = 18 M = 36 N        2,78 mL H 2 SO 4 pekat = 1 liter 0,1 N 4.        LARUTAN CH 3 COOH 0,1 N CH 3 COOH pekat = 99,5 % CH 3 COOH pekat = 17 M = 17 N        5,88 mL CH 3 COOHpekat = 1 liter 0,1 N 5.        LARUTAN Na 2 S 2 O 3 0,1 N             26 gram Na 2 S 2 O 3 dengan 0,2   g Na 2 CO 3 dilarutkan dalam air bebas CO 2 segar sampai volume 1000 ml 6.        LARUTAN KIO 3 0,1 N             3 , 5 g KIO 3 encerkan dengan air hingga 1000 m L 7.        LARUTAN KMnO 4 0,1 N      3,3 gram Kalium Permanganat P adat dilarutkan dalan air hingga 1000 ml 8.        LARUTAN IODIUM (I 2 ) 0,1 N 12,69 gram I 2 P adat ke dalam la

C++ #03 Mengenal Fungsi Input dan Output

Belajar C++ #03: Mengenal Fungsi Input dan Output pada C++ #  C++ Pada dasarnya, program komputer hanya terdiri dari tiga bagian: Input  adalah sesuatu data yang kita masukan ke dalam program. Input biasanya diambil dari perangakat inputan seperti keyboard, mouse, kamera, microphone, dll. Proses  adalah langkah-langkah yang harus dilakukan program untuk menghasilkan output. Output  adalah informasi yang dihasilkan setelah dilakukan proses. Output biasanya ditampilkan ke layar komputer. Pada bahasa pemrograman C++, terdapat beberapa fungsi dasar untuk menampilkan output dan mengambil input. Apa saja itu? Mari kita bahas… Fungsi Output pada C++ C++ memiliki empat fungsi dasar untuk menampilkan output: cout  untuk menampilkan teks ke layar; cerr  untuk menampilkan error; clog  untuk menampilkan log; printf()  untuk menampilkan output, fungsi ini dari C; Kita akan fokus memabahas yang dua saja, yakni  cout  dan  printf() . Soalnya  cerr  dan  clog